Gerakan Berbahasa Inggris Aktif

SETELAH sukses melaksanakan Program Tahfiz al-Qur’an (hafalan Alquran) Juz ke-30 dalam beberapa tahun belakangan, kini memasuki Awal Tahun Pelajaran 2013/2014 MTs Amal Shaleh kembali membuat satu program unggulan baru, yakni Gerakan Berbahasa Inggris. Melalui program ini diharapkan para siswa MTs Amal Shaleh benar-benar dapat menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi sehari-hari.

Menurut kepala MTs Amal Shaleh, Bapak Muhammad Hasan, M.A, bahwa Gerakan Berbahasa Inggris ini bertujuan untuk menumbuhkan kegemaran para siswa MTs Amal Shaleh berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

“Untuk tahap awal kita akan memperkenalkan percakapan-percakapan sederhana yang biasa dipergunakan dalam berkomunikasi sehari-hari. Seluruh percakapan yang sudah diperkenalkan tersebut wajib dihafal dan dipergunakan oleh para siswa dan guru dalam berkomunikasi di sekolah”, papar Pak Hasan.

Pak Hasan menambahkan bahwa untuk mewujudkan gerakan berbahasa Inggris ini, pihak madrasah sudah mempersiapkan sarana pendukung berikut sanksi bagi yang melanggar.

“Kita sudah persiapkan segala sesuatunya, mulai dari pelatihan guru-guru, pengadaan buku saku percakapan bahasa Inggris, pengadaan poster-poster berbahasa Inggris, dan masih banyak lagi. Termasuk beberapa sanksi atau jenis hukuman yang bakal diterapkan bagi pelanggar disiplin berbahasa.”, tambah pak Hasan.

Untuk itu, imbuh pak Hasan, diharapkan partisipasi aktif seluruh warga perguruan Amal Shaleh, mulai dari guru-guru, karyawan, dan para siswa itu sendiri dalam mensukseskan program ini, sehingga nantinya perguruan Amal Shaleh memiliki keunggulan baru — selain keunggulan yang sudah ada, — yakni kemampuan berkomunikasi aktif dalam bahasa Inggris.

Semoga……