HUT AMSAL KE-24 : Jangan Berhenti, Perjalanan Panjang Masih Menanti

1 Muharram 1414 H silam bisa jadi merupakan awal sejarah yang tak pernah terlupakan oleh para Pendiri Yayasan Pendidikan Islam Keluarga Amal Shaleh (YPIKAS) Perumnas Simalingkar, Medan. Betapa tidak, cita-cita untuk memiliki Lembaga Pendidikan Islam yang mumpuni dan diperhitungkan agaknya mulai menjadi kenyataan. Lembaga Pendidikan yang semula hanya merupakan Sekolah Mengaji (MDA) kini sudah bisa mengelola Taman Kanak-Kanak, Madrasah Ibtida’iyah dan Madrasah Tsanawiyah.

Setahap demi setahap Perguruan Amal Shaleh bergerak hingga kini telah memasuki usia yang ke-24 tahun. Apabila disamakan dengan manusia, usia ke-24 merupakan usia yang sudah cukup matang. Di usia ini seseorang sudah dapat berkarier dan mengembangkan diri kesana-sini. Tapi bila disamakan dengan lembaga pendidikan setingkat Universitas Al-Azhar di Cairo Mesir, maka usia ini belum ada apa-apanya.

Universitas Al-Azhar Mesir, misalnya, sudah berdiri megah sejak masa Dinasti Fatimiyah pada tahun 969 M. Arus kekuasaan politik yang berubah-ubah kala itu sempat membuat Al-Azhar goyah, bahkan di masa Dinasti Ayyubiyah Al-Azhar pernah tak berfungsi sama sekali, namun akhirnya bisa diaktifkan kembali oleh Dinasti setelahnya dan hingga kini menjadi Lembaga Pendidikan Islam terbesar di dunia. Keberadaan Al-Azhar sebagai sebuah institusi pendidikan terkemuka dan modern juga mendapat pengakuan dari Napoleon Bonaparte. Napoleon menyebut Al-Azhar sebagai tandingan Sorbonne, universitas tertua dan terbaik di daratan Prancis.

Perguruan Amal Shaleh memang tidak sehebat Al-Azhar, bahkan barangkali mustahil bisa menyaingi, namun bukan berarti harus berhenti dan tak berkarya sama sekali. Perjalanan Perguruan Amal Shaleh masih amat sangat panjang. Banyak asa yang butuh realisasi, banyak langkah yang perlu dibenahi, dan banyak karya yang hendaknya diperbaharui, yang kesemuanya harus diusahakan secara bersama dengan niat dan tujuan yang sama pula.

Semoga Allah SWT memberkahi Perguruan Amal Shaleh, meneguhkan hati para pendiri dan pengasuhnya, dan menjadikannya sebagai lembaga pendidikan Islam yang mumpuni. Jayalah Perguruan Amal Shaleh, selamat ulang tahun yang ke-24.  Teruslah berkarya! (*)