Tahun Baru Islam, Momontum Tepat Buat Berbenah

PENDIRI Yayasan Pendidikan Islam Keluarga Amal Shaleh (YPIKAS) Medan sangat tepat menjadikan Tahun Baru Islam sebagai hari kelahiran (Harlah) Perguruan Amal Shaleh. Sebab dengan memilih tahun baru Islam sebagai hari lahir, diharapkan akan muncul semangat juang yang tinggi dalam mengemban amanah umat, yakni mencerdaskan kehidupan generasi muslim.

Rasulullah SAW bersama para sahabat telah mencontohkan sebuah kegigihan yang luar biasa dalam memperjuangkan agama Allah. Hinaan, cacian, hingga penyiksaan acapkali dirasakan oleh kaum muslimin yang berjuang bersama Rasulullah ketika itu. Namun tak satupun dari mereka yang takut, mundur, atau hilang semangat. Mereka terus berjuang dan berjuang demi mewujudkan cita-cita mulia, yakni meninggikan kalimah Allah di bumi ini.

Ternyata perjuangan yang penuh tantangan itu berbuah manis, momentum hijrah Nabi SAW dari Makkah ke Madinah benar-benar telah mengubah kondisi kaum muslimin. Umat yang semula gelap berubah menjadi terang. Umat yang dulu bodoh dan berperangai buruk berubah menjadi umat yang berilmu dan berakhlak mulia. Mereka telah berubah menjadi umat berkualitas.

Perjuangan yang gigih itulah yang hendak ditiru oleh para pendiri YPIKAS. Mereka yakin betul bahwa perjuangan yang mereka lakukan dalam mendirikan Lembaga Pendidikan Islam tidaklah mudah, apatahlagi kala itu mereka berjuang tanpa modal dana yang mencukupi. Hanya kekuatan niat yang mereka punya, sehingga setahap demi setahap niat mulia itu mulai bisa dirasakan hasilnya.

Kini Perguruan Amal Shaleh genap berusia 24 tahun. Perjuangan itu sebenarnya belumlah berakhir. Masih banyak hal yang harus dibenahi dan diperbaiki. Tak baik merasa cukup dengan capaian yang sudah ada saat ini. Di usia yang ke-24 inilah waktu yang tepat untuk berbenah diri. Berbenah dari segala hal, dari yang sekecil-kecilnya hingga yang sebesar-besarnya.

Tahun depan Perguruan Amal Shaleh akan memasuki usia seperempat abad pertama. Maka hendaknya ada suatu gebrakan baru nan indah yang membanggakan semua; mulai dari yayasan, guru dan karyawan, hingga siswa dan wali mereka.  Semoga..!! (*)