Ujian Nasional MTs/SMP Digelar Mulai 4 – 7 Mei 2015

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru-baru ini telah menetapkan tanggal penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) 2015, yakni untuk tingkat MA/SMA/SMK dilaksanakan pada tanggal 13 – 15 April 2015, sedangkan untuk tingkat MTs/SMP dilaksanakan

mulai tanggal 4 – 7 Mei 2015. Sementara itu, untuk jenjang sekolah dasar (SD), pelaksanaan UN akan diserahkan ke Dinas Pendidikan tingkat kota masin-masing. Hal tersebut seperti yang dilakukan tahun lalu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan menyebutkan bahwa UN tahun ini juga tidak lagi menjadi satu-satunya penentu kelulusan siswa. Sebaliknya UN digunakan sebagai alat pengembangan potensi siswa sehingga menjadi bagian dari proses pembelajaran.

Kelulusan siswa, kata dia, sepenuhnya ditentukan oleh sekolah. Sekolah dapat menyelenggarakan Ujian Akhir Sekolah dan Ulangan Kelas. Bila siswa lulus, maka siswa akan menerima sertifikat tamat belajar.

Sementara itu, menurut data dari Kemendikbud, peserta UN untuk tahun ini mencapai 7,3 juta siswa. Anggaran untuk masing-masing mencapai Rp 80.000 per siswa. Sehingga untuk total anggarannya mencapai Rp 560 miliar.

“Dengan jumlah tersebut, informasi capaian ujian sudah bisa didapatkan oleh seorang siswa. Hasil UN juga bisa dimanfaatkan sebagai strategi pengembangan guru dan sekolahnya,” tutur Anies.

Adapun untuk standar nilai kelulusan UN 2015 tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya.(*)