Visi dan Misi

Dalam menjalankan kegiatan pendidikan dan pengajaran, MTs Amal Shaleh Medan menetapkan Visi sebagai berikut:

 “MEWUJUDKAN GENERASI SHALEH

YANG MAMPU MENJADIKAN TANTANGAN SEBAGAI PELUANG”

Selanjutnya, visi di atas dijabarkan ke dalam beberapa misi berikut:

 1- Mengajarkan, mengamalkan serta mengembangkan ilmu pengetahuan.

Seluruh aktivitas di MTs Amal Shaleh adalah ibadah tholabul ilmi. Melalui bimbingan guru, para siswa dibekali berbagai pengetahuan, mulai dari pengetahuan umum hingga pemahaman agama. Selama menimba ilmu di MTs Amal Shaleh, para siswa dibimbing untuk menguasai sekaligus mengembangkan materi ajar serta mengamalkan segala ilmu yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari, sesuai potensi dan kemampuan masing-masing siswa.

 2- Menjadikan ilmu dan akhlak sebagai perisai dalam kehidupan.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat sedikit banyak telah memberi pengaruh bagi perkembangan kejiwaan dan cara berfikir para pelajar. Sebagai lembaga pendidikan Islam, MTs Amal Shaleh selalu berusaha mengarahkan peserta didik agar mampu berfikir cerdas dan bersikap islami dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Salah satu hal yang selalu ditanamkan kepada peserta didik adalah pentingnya mengedepankan akhlakul karimah dalam bersikap dan bertindak. Motto “Al-adabu Fauqal Ilmu“, atau “Adab/Etika mengungguli ilmu pengetahuan” selalu dilestarikan oleh keluarga besar Perguruan Amal Shaleh Medan.

 3- Melaksanakan amar ma’ruf dan nahi munkar.

Dalam melaksanakan aktivitas di MTs Amal Shaleh, para siswa dibekali pemahaman akan pentingnya amar ma’ruf dan nahi munkar sesuai dengan kapasitas masing-masing siswa. Pemahaman tersebut mencakup kegemaran melakukan perbuatan baik sekaligus mengajak orang lain untuk berbuat sama, atau sebaliknya, kemauan yang kuat untuk tidak melakukan kesalahan serta mencegah dan menasehati orang lain agar tidak melakukan kesalahan.

 4- Mengembangkan potensi, bakat, serta kreatifitas siswa.

Program pendidikan di MTs Amal Shaleh dilaksanakan dengan mengedepankan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Mengingat adanya perbedaan minat, kemampuan, kesenangan, pengalaman, dan cara belajar siswa, maka para guru yang mengajar dibekali pengetahuan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran secara bervariasi melalui strategi dan metode pembelajaran yang tepat. Hal ini agar segala potensi, bakat dan kreatifitas siswa dapat terakomodasi secara baik dan proporsional.

–> BACA:  Sarana dan Prasarana

 

TOPIK TERKAIT :

  • 02/06/2014 Profil Madrasah MTs Swasta Amal Shaleh Medan didirikan pada tahun 2000 oleh Yayasan Pendidikan Islam Keluarga Amal Shaleh (YPIKAS), sebuah yayasan […]
  • 23/10/2013 Ekskul Nasyid Nasyid adalah salah satu seni Islam dalam bidang seni suara. Biasanya merupakan nyanyian yang bercorak Islam dan mengandungi kata-kata […]

News Reporter